gunalam

Sabtu, 09 Maret 2013

monologunalam IV

monologunalam III

- sebelum monolog ini berlanjut, mari kita ingatkan lagi diri kita, bahwa kesadaran dan keyakinan tentang Tuhan adalah puncak kebodohan ilmu manusia.
jadi semua yang kita urai di sini tentang Tuhan itu adalah puncak kebodohan ilmu kita. ini berdasar dari nurani dan akal sehat kita. nurani yang memiliki rasa. akal sehat yang memiliki logika. rasa ini hanya bisa meraba dibantu logika yang mencapai puncak kebodohannya, hingga apa yang kita capai hanyalah ilmu sok tahu.
semua ini bisa lo anggap ato bahkan lo yakini sebagai kebenaran. ato boleh lo anggap semua ini adalah sampah untuk dicampakkan.
orang-orang gunalam bukan penguasa kebenaran. tapi mereka adalah para pencari kebenaran.
...mari silahkan dilanjut.. hehehe..

+ tapi menurut gw tetep saja Tuhan itu terlibat langsung dengan semua kejadian ini.. kan semua ini adalah ciptaanNya. termasuk hukum alam ato takdir tersebut. jadi pantas saja bila kita tertimpa sesuatu yang terjadi, langsung kita kaitkan dengan Tuhan. ato Tuhan kita jadikan "kambing hitam".

- ya secara sederhananya emang terkesan seperti itu. tapi syukurlah.. dengan kemajuan tekhnologi, misteri itu pelan-pelan akhirnya terungkap.

+ misteri apa..?

- misteri pertentangan batin kita, ketidakterimaan nurani kita, ketidakmasukakalan logika kita bahwa segala sesuatunya itu tak laen adalah perbuatan Tuhan, hingga kita ini tak lebih hanya sekedar wayangNya saja. coba lo baca ini Sengkuni . yang suka ato tidak suka dengan cerita itu ada spontanitas pendapat yang sama. yaitu sebuah penolakan bahwa "kejadiannya tidak seperti itu! bla bla bla...dst".  hehehe...
yang suka ato yang menentang tulisan itu tiba-tiba sama-sama menyadari rasa kemanusiaannya. manusia yang merdeka dengan kehendak bebasnya.. manusia yang bernurani dan berakal sehat.

+ ya.. rasanya tidak seperti itu. ...lalu seperti apa..?

- nah.. itulah misterinya!

+ tadi lo bilang bahwa dengan kemajuan tekhnologi pelan-pelan mengungkap misteri itu. tekhnologi macam apa?

- hahaha.. sebetulnya ini adalah tekhnologi yang bisa kita dijadikan analogi sederhana tentang hubungan Tuhan dengan takdir dan semua yang terjadi ini. tekhnologi itu adalah teknologi komputer, smart phone dan gadget laennya yg mempunyai "sistem operasi" ato OS.

+ "?"

- pelan-pelan saja.. jangan buru-buru.. hehehe..
baek.. apakah lo pernah pake ato menggunakan komputer?

+ iya dong..

- pake OS apa komputer itu?

+ windows

- siapa yang menciptakan OS windows itu?

+ perusahaan microsoft milik Bill Gates

- ok, pernahkah lo merasa gagal  ato tidak bisa mengerjakan tugas ato pekerjaan dengan komputer ato tepatnya dengan menggunakan OS windows tersebut?

+ hehe.. malu ah..! emmm.. ya sering lah..

- kenapa?

+ ya karena gw masih kurang menguasai OS tersebut.

- kenapa lo gak nyalahin microsoft ato Bill Gates sebagai pencipta OS tersebut.

+ yang bener aja! ya enggak lah.. itukan karena kebodohan gw yang masih cetek ilmunya tentang OS tersebut.

- tapi kan banyak orang-orang yang berhasil menggunakan OS windows tersebut. apakah orang-orang tersebut mendapat bantuan langsung dari microsoft ato Bill Gates?

+ hahaha... tentu tidak lah.. mereka berhasil karena telah mengetahui ilmu dari OS windows tersebut.

- yup! inilah yang gw sebut pelan-pelan misteri itu terungkap..

+ hah? ... apa maksudnya..?

- renungkan dulu...

*bersambung ke monologunalam V

Tidak ada komentar:

Posting Komentar