gunalam

Sabtu, 24 Agustus 2013

Lambang


Hmmm... apakah perlu kita definisikan dulu apa arti lambang itu? hehe.. kek nya gak usah deh ya.. lha wong tinggal gugling aja kita akan banyak dapatkan artikel tentang maksud lambang itu apa.


Langsung aja deh kita ngomongin lambang gunalam. Coz ada yang menanyakan, ada juga yang menebak-nebak artinya, tentu dengan persepsinya masing-masing. hehe..

Awal memprokalimirkan gunalam memang gw sibuk cari inspirasi, cari ide, agar gunalam ini mempunyai lambang atau simbol kek agama-agama sebelumnya. sebagai pengingat.. sebagai tanda eksistensi gunalam. dan tentu saja harus mewakili nilai-nilai gunalam. Diharapkan ketika orang lihat lambang itu, "gunalam tuh..", kata hatinya. hehe..

Prosesnya gak cukup sehari dua hari lho.. bahkan hampir setahun. Dengan berbagai ritual khusus.. seperti nungging.. jongkokwc sambil sedot ***** dan termenung-menung sok mikir geto. Karena bisikan ghaib tidak kunjung datang.. sementara gunalam sudah punya grup di facebook dan juga punya website (blog maksudnya), maka gw datangi aja mbah Gugel. Kebutuhan mendesak maka gw cari aja yang kira-kira cukup mewakili. Kemudian ketemulah logo seperti ini
gw pikir ini cukup mewakili, coz karakter ini adalah simbol huruf 'g', initial gunalam. Dengan sayap dan halo di atas kepalanya, mengingatkan kita dengan sosok malaikat atau orang suci. wkwkwkkk... gunalam sok suci!
Tapi gw kok merasa masih belum sreg dengan simbol ini. Coz,, kurang sederhana, sepertinya akan rumit bila diaplikasikan ke media lain, dibikin bandul kalung ato gantungan kunci misalnya. Karakternya juga terkesan terlalu funny, hahaha.. dan diatas semua itu.. ini bukan karya gw sendiri..!
tapi untuk sementara bolehlah.. sambil nunggu gw bikin simbol sendiri. 

Fokus gw adalah simbol huruf G sebagai initial daripada gunalam. Corat-coret di kertas,, gak sreg, kertas gw remes, buang.. (ah sudahlah.. gak usah didramatisir ya hihi..)

Sampai akhirnya gw jumpa dengan gambar ini
Pernah dengar kalimat yang mengatakan 'kita melihat apa yang ingin kita lihat'?  seperti saat kita lihat bercak abstrak di dinding yang tiba-tiba nampak karakter yang kita kenal sebelumnya, begitu juga saat gw lihat galaksi tersebut, gw lihat huruf G ! kalian bisa melihatnya..? 

Yes..! akhirnya.. gambar galaksi itu gw jadikan model, lalu jadilah logo gunalam..
jreng jreeeng...!
Nah.. sodara-sodara inilah lambang gunalam. itu adalah gabungan huruf G kapital dan g kecil. Huruf G tentu adalah initial daripada gunalam. Hingga logo tersebut bisa digabung menjadi seperti ini
Keren kan, haha.. uniknya logo ini jika diputar bolak-balik bentuknya juga sama. 
Tapi kok banyak yang nyebut ini gabungan angka 69 ya..? 
hihi.. kembali dengan kalimat di atas tadi, bahwa kita melihat apa yang ingin kita lihat. yah.. mungkin saja yang menganggap ini adalah angka 69, karena doi sangat familiar dengan 69. hehe... ngaku lo..!
Tapi its oke kok. gak majalah.. ini disebut demikian, sah-sah saja. namanya juga persepsi. Belakangan juga ada yang menyebut ini mirip simbol saringan ucica di komik Naruto. juga gak apa-apalah. yang jelas gw dah mantep dengan logo ini. disablon pada kaos ato topi keknya juga keren. Pasti yang pake jadi terlihat lebih ganteng dan cantik, Cruttt ! . Dipake buat bandul kalung dan gantungan kunci juga oke, hehehe..

hmmm... sekarang lanjut dengan filosofinya. uuuhhh... berat neh..
lingkaran dengan dua tentakelnya itu melambangkan keseimbangan yang saling melingkupi dan melengkapi. Ini menggambarkan keseimbangan kehidupan semesta raya ini. *bilang woW! dong..

Terinspirasi dari galaksi yang terus bergerak berputar, begitulah orang-orang gunalam. Dia tidak berhenti terpaku pada sebuah titik. Berputar ke segala arah tidak menyempitkan sudut pandang. Terus belajar.. terus mencari kebenaran bukan untuk jadi penguasa kebenaran, tapi untuk senantiasa memperbaiki diri.
*PERHATIAN: terus bergerak berputar itu adalah simbol bleh..! jangan dipraktekan dirumah, muter-muter guling-guling. ntar palelo pusing, mabok lo!

Ada area kosong di tengah ato pusatnya. Demikianlah hendaknya orang gunalam itu dalam belajar mencari ilmu. masih ingat kata-kata di photo sampul grup gunalam? "rendahkan dan kosongkan cangkirmu". Ya.. karena sesuatu tidak bisa mengisi wadah yang penuh. Cari ilmu jangan merasa penuh dengan ilmu. lalu sombong.. sok tau.. ngeyel, merasa penuh sih! akhirnya ya gak dapat apa-apa. 
Ketika tercurah ilmu darimanapun datangnya.. hendaknya kita merendah.. terbuka dan kosong, setelah masuk barulah kita kaji dengan nurani dan akal sehat yang kita miliki. dengan demikian akan semakin luas wadah wawasan kita.

Dan mungkin ada sobat gunalam ada yang mau nambahin tentang arti filosofis lambang gunalam ini..?
monggo..silahkan.. hehe..

Tapi bagemanapun ini hanyalah sebuah simbol sis bro.. jangan sampe ini diagungkan dan disucikan. Tapi bila itu kita pake sebagai bandul kalung misalnya, untuk menginspirasi agar berprilaku gunalam, sip ok banget. Dijadikan jimat keberuntungan? hmmm... boleh gak ya..

ini bukanlah simbol kemuliaan gunalam
dan memang tidak ada atribut dan atau gelar-gelar kemulian dalam gunalam, yang bisa untuk menutupi atau membungkus kebusukan di dalam.

2 komentar:

  1. tak ku sangka searching kata "jongkokwc" yg merupakan nama akun lamaku (detik, yahoo, imgshark, dll..) bisa membawaku kesini, ngoahahaha... masih idup aja waki mongki dgn gunalam nya :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe.. lo jg masih idup bau naga haha.. :v

      Hapus