gunalam

Senin, 06 Februari 2017

Sincere


M: Papih! dari jalan raya ke sini kan dekat, jalan aja sebentar nyampe.. kenapa mesti naek Becak sih? mana bayarnya lebih lagi, biasanya kan gak segitu,, dasar Papih pemboros males lagi, pantesan tuh perut tambah buncit!


P: nggak gitu Mih.. tadi Papih liat Bapak tukang becaknya ngantuk mungkin sepi penumpang, padehal nurut Papih mungkin istri dan anaknya di rumah sedang berharap rejeki dari suami juga Bapak tukang becak ini.

M: oh.. maksud Papih niatnya kasih amal gitu..? kalo niatnya beramal, kenapa gak dikasih langsung aja Pih..?!

P: kan ada pepatah Mih.. tangan di atas lebih baik daripada tangan yang di bawah

M: nah itu Papih tau!

P: justru itu Mih.. Papih gak kasih langsung ke Bapaknya, karena Papih tidak ingin terlihat "lebih baik" dari bapak itu,, agar bapak itu tidak terlihat "tidak lebih baik" dari Papih. kalau Papih kasih langsung, Papih jadi lebih baik dari dia.. dengan kata lain, dia jadi gak baik dong, kan tangan di bawah.

M: .... ...?

P: maksudnya gini Mih.. jika Bapak itu mendapatkan rejeki dari kerja atau usaha jerih payahnya dengan halal, dia akan bangga membawa pulang rejeki itu untuk keluarganya Mih.. Dia akan jadi pahlawan bagi keluarganya.. sebagai suami Papih merasakan itu Mih.. dengan diberi pekerjaan dan diberi upah yang layak.. selain dapat rejeki, dia juga akan terangkat harkat dan martabatnya..  jadi tadi reflek aja papih minta Bapak itu anter ke sini.

M: ah.. mbuh.. tapi Mamih yakin Pih.. amal baek Papih akan dapat balasan berlipat suatu saat nanti.. amin...

P: ... duh.. plis deh Mih.. jangan kamu rusak indahnya ketulusan ini dengan keinginan balasan.. jangan kamu nodai bahagianya ikhlas ini dengan sebuah pengharapan..

M: pils deh Pih.. bahasamu itu lho.. makin lama Mamih makin nggak ngerti... mending ngopi sana gih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar