gunalam

Selasa, 15 September 2015

"Agama itu Kadal !!!"


Terperanjat kaget mbah Maruto bangun dari tidur siangnya. Kakinya diguncang-guncang cucunya sambil maksa nanya.
"mbah.! mbah..! agama itu apa mbah?"
Sedikit kesel mbah Maruto jawab, "agama itu kadal !!!" , kemudian tengkurap hendak melanjutkan tidurnya.
Kini yang terkejut adalah cucunya yang sudah beranjak remaja itu, medengar jawaban mbah Maruto.  "hah..? serius mbah...? apa maksud mbah jawab seperti itu?" , cucu penasaran.

"...hhhmmhhhh..... kamu tadi nanya apa?"

"agama itu apa?"

"lha iya, agama itu adalah jenis Kadal di daerah gurun sana, yang warnanya biru itu lho.. gak percaya tanya mbah gugel sono!", jawab mbah Maruto sambil bangun.

"Tapi maksud saya bukan itu mbah, maksud saya agama yang seperti islam, kristen, dan lain-lain itu lho.."

"oh... kalau yang itu... hmmm sono bikin kopi dulu.."

---------
"ini mbah kopinya.."

"gini lho Le.. agama itu asal kata dari ageman dari bahasa jawa yang artinya pakaian"

"Baju maksud mbah?"

"ya itu salah satunya, semua yang kamu pake, ya itu pakaian namanya. Baju adalah pakaian, tapi pakaian belum tentu baju. Pakaian ini sangat penting buat manusia. Bukan hanya hanya sebagai pelindung suhu tubuh saja, tapi dia adalah merupakan simbol harkat dan martabat manusia. Coba saja kamu berada di kerumunan orang banyak, lalu tanggalkan semua pakaian kamu.. seketika harkat dan martabatmu hancur saat itu juga...
Pakaian juga merupakan tanda peradaban manusia, bahkan seprimitif peradaban manusia, tetap ada pakaian yang melekat di tubuh mereka.
Pernah dengar kalimat 'sandang pangan' ? Sandang itu artinya pakaian.. Pangan itu makanan. Nah.. perhatikan, kenapa kata sandang diucapkan lebih dulu daripada pangan?
Itu menunjukkan betapa pentingnya pakaian bagi manusia bahkan dibandingkan dengan makanan sekalipun yang notabene itu adalah kebutuhan dasar untuk hidup.
Pakaian mejadi pembeda antara manusia dengan makhluk melata lainnya".

"waw..! jadi maksudnya agama itu penting banget gitu mbah..? jika agama adalah pakaian, jadi orang yang tidak beragama sama saja tidak berpakaian alias telanjang gitu? jadi orang-orang atheis itu telanjang? kek bin

"Stop! mbah tau arah pertanyaanmu.. jawabannya, kamu harus tau arti kata agama yang berikutnya"

"gimana mbah..?"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar